Saturday, March 30, 2013

Konsep JKT48 Dapat Lebih dekat dengan fans



Asalasah ~ Senang , gugup , dan tidak dapat berkata-kata . Itulah sebagian besar yang terjadi pada beberapa fans bila telah bertemu sekaligus bertatap muka dengan idolanya (dalam hal ini JKT48) . Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa konsep JKT48 berbeda dengan konsep para idola lain, yaitu "Idola yang dapat kamu temui" jadi tidak heran bila "ritual" face-to-face antara fans dan para member JKT48 merupakan hal yang utama dan memang sangat dinanti-nantikan.

Adapun beberapa "ritual" face-to-face yang sejauh ini telah dilakukan JKT48 kepada para fans-nya  :
(saya pribadi menyebut ini "ritual" karena memang hal ini merupakan hal yang sangat prestisius dan bahkan mungkin sakral bagi beberapa fans fanatik)

Ritual Jikou Shokai : atau disebut juga ritual perkenalan, dalam hal ini para member memperkenalkan dirinya masing-masing kepada para fans sehingga para fans dapat lebih mengetahui nama dan motto masing-masing member. Ritual yang bersifat "formal" ini tidak selalu ditampilkan tiap acara dimana para member tampil sehingga memberi nilai tersendiri dalam ritual jikou shokai ini.
Ritual Wave : Saya pribadi menyebut ritual ini dengan kata "Wave" (dalam bhs inggris yang artinya lambaian) dalam hal ini para fans dan para member hanya saling "melambaikan tangan / dadah-dadahan" sambil tersenyum kepada satu-sama-lain dan biasanya dilakukan dari jarak yang cukup jauh (tidak dapat digapai).
Biasanya ritual ini bersifat "spontanitas" yang dilakukan para member bilamana bertemu secara sengaja/tidak sengaja dengan para fans.


Ritual High-Five : Ritual yang membuat fans dan para member dapat lebih dekat ketimbang hanya melambaikan tangan dari jauh. Pertemuan antara fans dan para member yang dilakukan dengan cara "menepuk" tangan para member dengan menggunakan style "high five" (telapak tangan dibuka seperti menunjukkan angka lima), Walaupun Ritual High-Five ini ternasuk ritual yang "formal" namun sebenarnya kurang bisa memberi "kesan" tersendiri karena memang proses ritual ini sangat singkat sehingga fans dan para member tidak diberi kesempatan untuk saling mengobrol walau hanya untuk beberapa saat.



Ritual Handshake : Pertemuan "formal" yang lebih "intim" antara fans dan para member yang dilakukan dengan cara berjabat tangan "ala 48family" , jadi bukan seperti jabat tangan biasa layaknya pembeli dan penjual ya, namun dalam handsake ini terdapat "style" jabat tangan yang sangat "khas 48family", dalam ritual Handshake ini para fans dan member dapat bercakap-cakap sebentar selama proses jabat tangan itu sedang berlangsung sehingga hubungan antara fans dan para member bisa lebih dekat (dalam hal ini tergantung fans nya mau ngobrol atau tidak). Jika kalian bertanya perbedaannya dengan ritual High-Five ? saya sarankan untuk menghadiri "ritual" ini dan kalian akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dari pada hanya sekedar tepok-tepokan ala High-Five.



Sesungguhnya ritual-ritual seperti ini sangat penting dan berarti bagi kedua belah pihak (para fans dan sang idola) walaupun hal-hal seperti ini menurut sebagian orang hanya merupakan "hal kecil", namun sebenarnya hal-hal seperti ini dapat meningkatkan keakraban dan kecintaan kepada satu-sama-lain (dalam hal ini kecintaan antara fans ke idolanya) yang nantinya akan berdampak pada tingkat kepopuleran sang idola itu sendiri.
Sebenarnya masih ada ritual ala "48family" yang belum diterapkan oleh JKT48, kita tunggu saja apakah para member JKT48 dapat mewujudkan hal tersebut ?

No comments:

Post a Comment